Perpustakaan Pahlawan Empat

Wajah baru Perpustakaan Pahlawan empat

Pahlawan Empat merupakan tokoh pejuang kemerdekaan yang gugur dalam melawan penjajah Belanda di wilayah Kecamatan Puding Besar. Bukti atas perjuangan tersebut saat ini bisa dilihat dari adanya tugu peringatan Pahlawan Empat yang berada di desa Nibung Kecamatan Puding Besar.

SMA Negeri Puding Besar, sekolah yang berdiri di wilayah yang sama, mengangkat nama besar Pahlawan Empat sebagai nama perpustakaan sekolah secara resmi.

Pada awal mula diresmikan nama ini, banyak usaha dan tantangan untuk menghidupkan kebiasaan literasi di sekolah. Dengan dikomandoi oleh Ibu Erma Suriany, M.Pd selaku kepala perustakaan, mulai membangun tim literasi sekolah yang dikenal dengan istilah Volunter Perpustakaan.

Di era pandemi Covid-19, saat semua aktivitas pendidikan banyak yang dibatasi, perpustakaan Pahlawan Empat justru mulai banyak berbenah dan bergerak. Momen Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat SMA yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2021, menjadi sebuah motivasi besar untuk ikut berkompetisi.

Usaha dan kerjakeras tersebut, Perpustakaan Pahlawan Empat berhasil meraih juara pertama dari seluruh SMA se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Keberhasilan ini menjadikan Perpustakaan Pahlawan Empat berhak mewakili provinsi untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Pada tahun 2021, setelah menjalani seleksi dan penilaian dalam kompetisi tingkat nasional, Perpustakaan Pahlawan empat berhasil menembus tiga belas besar nasional. Tentunya sebuah hal yang sangat membangggakan bagi SMA Negeri 1 Puding Besar.