Kemah Literasi Jaga Bahasa bagi Generasi Muda Bangka

Temberan – Bahasa merupakan unsur universal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial. Fakta berbicara saat sebuah bahasa mulai punah maka begitu juga dengan budaya yang menyertai kehidupan generasi tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan untuk menumbuhkan kembali kecintaan berbahasa dan sekaligus melestarikan bahasa yang ada saat ini.

Dengan bertajuk “Kemah Literasi Jaga Bahasa untuk Generasi Bangka” kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Temberan selama dua hari satu malam tanggal 21-22 Juni 2022.

Tim Literasi SMA Negeri 1 Puding Besar

SMA Negeri 1 Puding Besar tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, seiring dengan semangat literasi dan amanah yang diemban sebagai Juara Lomba Perpustakaan Tingkat SMA tahun 2021.

Walaupun dengan persiapan yang belum maksimal sehubungan dengan informasi yang sangat mendadak, tentu berbekal pengalaman yang sudah ada maka hasilnya cukup memuaskan dengan meraih juara ketiga dalam bidang lomba Video Reels yang diwakili oleh Ilham Alamsyah.

Adapun bidang lomba lainnya yaitu Arastama Bastra, Pandai Berbahasa Daerah, dan Rangkai Kata.

Arastama Bastra adalah lomba yang mirip dengan Ranking satu disini para peserta diuji kemampuan pengetahuan sastra dan ber-Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.  Beda lagi di lomba Pandai Berbahasa Daerah para peserta diajak untuk bangga terhadap bahasa daerah, soal diberikan sebanyak 40 soal yang semuanya berkaitan dengan Bahasa Melayu Bangka, salah satu peserta Mutiara mendapat kesempatan untuk bercerita menggunakan bahasa daerah. Sementara lomba Rangkai Kata adalah perpaduan antara kemampuan pengetahuan dan ketrampilan perserta dalam ber-Bahasa Indonesia. Sesuai dengan Tri Gatra Bahasa, “Menggunakan Bahasa Indonesia, Melestarikan Bahasa Daerah dan Menguasai Bahasa Asing”.

“Kita akan selalu memberikan dukungan positif dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan literasi peserta didik” ujar Ibu Dra. Nihlatin Nisa, selaku Kepala SMA Negeri 1 Puding Besar.

Dalam kesempatan ini, beliau pun berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi penyemangat untuk lebih berprestasi, berkarakter, serta berwawasan lingkungan. Literasi adalah dasar pembentuk generasi berkeadaban.

Tim Literasi SMA Negeri 1 Puding Besar

Pada kegiatan ini, Tim SMA Negeri 1 Puding Besar menerjunkan Volunteer Perpustakaan Pahlawan Empat, istilah bagi pejuang literasi sekolah, yang terdiri dari  sembilan perserta didik laki-laki dan sembilan perserta didik perempuan serta Tim Pendukung dari OSIS SMA Negeri 1 Puding Besar.

Walaupun tidak mendapatkan juara umum namun SMA Negeri 1 Puding Besar membawa banyak pengalaman dari kegiatan ini.

Adapun Kegiatan bertema Generasi Dahsyat, Literasi Hebat, dan Bahasa Bermartabat mengundang narasumber hebat dalam Materi Cinta Bahasa dan Nasionalisme, seperti Dr. Asyraf Suryadin, M. Pd. mewakili HISKI Bangka Belitung, Kak Esdras Silverrius Bangun, S.H., M. Si. dari Kwarda Babel serta Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Irsan, S.S., M. Hum.

Adapula Diskusi dengan para Duta Bahasa, para peserta mendapatkan banyak informasi berkaitan dengan duta bahasa dan kegiatan ditutup dengan  Mancakrida Jaga Bahasa.

Perpustakaan Pahlawan Empat SMA Negeri 1 Puding Besar sebagai otak literasi sekolah, antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang membumikan literasi sesuai dengan visinya Center Of Excellent, terus bergerak dari yang terbatas menembus batas, dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Salam Literasi. (erm)

 

About riefzu

Check Also

Memanfaatkan Teknologi, Penilaian Akhir Tahun (PAT) Secara Daring

SMA Negeri 1 Puding Besar menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2021/2022 secara online …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *